You are now being logged in using your Facebook credentials

Pasar Kangen Jogja 2013 Di Taman Budaya Yogyakarta

PasarKangen2WebPasarkangenWeb

RRI-Jogja News/L-09, Taman Budaya Yogyakarta (TBY) untuk kelima kalinya menggelar even tahunan Pasar Kangen Jogja 2013 guna memanjakan masyarakat yang ingin menikmati suasana tempo dulu. Kegiatan yang digelar 19-24 Juni 2013 menghadirkan 45 gerai kuliner tradisional, 41 gerai kerajinan, dan 20 kelompok kesenian tradisi.

Pasar Kangen Jogja dilakukan untuk memberikan ruang kepada pelaku seni tradisi di Jogja. Kali ini, pelaksanaannya mengembalikan khitah Pasar Kangen Jogja memberikan ruang kepada mereka yang masih memegang teguh nilai-nilai tradisi.

“Kami melakukan seleksi ketat untuk pengisi gerai kuliner, agar kuliner yang hadir memang yang benar-benar tradisi khas Jogja. Selama pelaksanaannya penjaga standnya diwajibkan mengenakan pakaian tradisi juga, ini yang membedakan dengan tahun-tahun sebelumnya, juga pada hari pertama pengunjung yang hadir diberikan tiga keping uang dari tanah liat dengan nominal seribu rupiah perkepingnya  untuk bertransaksi, ataupun untuk souvenir, “ujar Sri Eka Kusumaningayu, ketua panitia Pasar Kangen Jogja.

Gerai kuliner di Pasar Kangen menyajikan beragam dagangan kuliner lawasan seperti hawug-hawug, thiwul, lopis ketan, wedang uwuh, cenil, arak keling hingga jajan pasar yang banyak diperjualbelikan di berbagai lokasi di Yogyakarta. Adapun produk kerajinan berbasis lawasan juga digelar semisal, wayang kardus, topeng kayu, boneka disney, cincin akik, dan kaos motif lawasan.

"Tidak ketinggalan perabot bekas pakai yang digekar mulia dari kotak perhiasan, arca batu kecil, cermin, pigura. Bagi pecandu musik lawasan dapat menawar Gramaphone lengkap dengan perbagai album musik Piringan Hitam dan Kaset lawasan. Kami mengharapkan kegiatan ini selain dapat dinikmati wisatawan juga dapat mengobati rasa kangen warga Yogyakarta sendiri dan eks Yogya terhadap suasana lawasan. Maka Pasar Kangen dapat menjadi salah satu obat pelepas rindu mereka pada suasana tempo doeloe di Yogyakarta," imbuh Sri Eka Kusumaningayu.

Pasar Kangen Jogja 2013 yang secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Drs. GBPH Yudhaningrat M.M. dimeriahkan dengan pergelaran tari Sesanti Manghayu-hayu dan kethoprak “Budoyo Manungal” dari kabupaten Sleman.

Selama berlangsungnya Pasar Kangen disajikan kesenian tradisinal menampilkan Jathilan “Rimang Mudho” dari Sedayu Kulon Progo, tarian dari Sanggar Argo Dumilah, Campursari dari Gedong Kuning, Kesenan Thek-Thek dari Bantul dan dari Gunung Kidul, Wayang Wong “Suko Budoyo” dari Bangunjiwo, Tarian “Kridho Beksa Wirama” dari Kota Yogya, Wayang Golek dari Melikan Bantul, Reog Putri “Mutiara Puspita” dari Karangmojo Gunung Kidul, Srandul dari Sleman dan Pentas Dhalang Bocah dari Kasihan Bantul.

 

Dengarkan Podcast Berita :

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Share selected track on FacebookShare selected track on TwitterShare selected track on Google PlusShare selected track on LinkedIn

Login

Login With Facebook

info.anda