You are now being logged in using your Facebook credentials

Media Penyiaran Pelestari Wayang Kulit

AwardsWeb

RRI-Jogja News/L-09, Kepala RRI Yogyakarta Sutrisno Santoso, S.Sos, pada Jum’at malam (16/03/13), menerima piagam penghargaan dari Paguyuban Dalang Muda Yogyakarta Sukro Kasih yang disampaikan langsung oleh Ketuanya Ki Gondo Suharno, S.Sn di Tembi Rumah Budaya, Jl. Parangtritis KM 8.4 Sewon, Bantul.

Selain RRI Yogyakarta, penghargaan serupa juga diberikan kepada tujuh media penyiaran lainnya di Yogyakarta yakni, Radio MBS, Radio GCD Gunung Kidul, Radio Persatuan Bantul, KR Radio, Radio Suara Kenanga, Radio Konco Tani, Radio Vedac, dan Jogja TV.

Pemberian Penghargaan itu sebagai wujud apresiasi atas aktif dan rutinnya ke delapan media penyiaran tersebut menyiarkan pagelaran Wayang Kulit gaya Yogyakarta.

Dipilihnya konsep radio sebagai media siaran wayang kulit, menurut Ki Suharno, karena penyiaran Wayang Kulit di radio menjadi ikon Jogja Banget, selain itu juga menjadi pelestari budaya untuk tegaknya ke-Istimewaan Yogyakarta.

Paguyuban Sukro Kasih yang beralamatkan di Demangan, Bangunharjo, Sewon, Bantul Yogyakarta bertujuan untuk menjalin kerukunan antar dalang muda, menjalin komunikasi budaya, diskusi seni, melakukan penelitian, berproses pakeliran dan karawitan, berkarya dalam wujud pagelaran wayang kulit dan bersama dengan wayang jenis yang lain.

Hal itu dituangkan dalam semangat, bersama memacu daya kreatifitas serta semboyan menjalin ikatan emosional dan berbagi, menghilangkan fanatisme dan egoisme melalui sinergi dengan semua pihak yang berkompeten di dunia pedalangan yang kesemuanya itu tak lain untuk kemajuan pakeliran gagrak Yogyakarta.

Perayaan Ulang Tahun Paguyuban Dalang Muda Yogyakarta Sukro Kasih di Tembi Rumah Budaya menghadirkan pentas Wayang Kulit semalam suntuk bersama dalang Ki Legowo Cipto Karsono dari Ngrowo, Sanggrahan, Temanggung dengan lakon “Raden Nurunan Jumeneng Nata”.

.

Dengarkan Podcast Berita :

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Share selected track on FacebookShare selected track on TwitterShare selected track on Google PlusShare selected track on LinkedIn

Login

Login With Facebook

info.anda